Telp. (031) 5920948 Emailinfo@fkm.unair.ac.id

Kegiatan Akademik

Outbound

Kegiatan Outbound merupakankegiatan di luar kampus yang diikuti oleh seluruh pengelola dan mahasiswa baru Program Studi AKK. Kegiatan ini dimulai pada tahun akademik 2000/2001 sampai sekarang, dimaksudkan untuk membentuk semangat team work diantara seluruh mahasiswa dan pengelola. Setiap mahasiswa diwajibkan hanya sekali mengikuti kegiatan ini, yaitu pada saat awal diterima sebagai mahasiswa baru.

Kuliah Tamu

Pada kesempatan tertentu, Program Studi AKK mengundang narasumber dalam ilmu manajemen baik dari institusi pendidikan maupun praktisi dari dalam negeri dan luar negeri, untuk memberikan kuliah tamu guna menambah wawasan para mahasiswa di bidang pengelolaan pelayanan kesehatan.

Kuliah Tamu Alumni

Kuliah tamu alumni merupakan kegiatan seperti halnya kuliah tamu, hanya saja narasumber untuk kegiatan ini adalah alumni dari Program Studi AKK dengan tema pengelolaan pelayanan kesehatan maupun tentang entrepreneurship.

Seminar Analisis Kebijakan

Seminar analisis kebijakan merupakan kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi AKK yang merupakan bagian dari tugas mata kuliah Analisis Kebijakan Kesehatan.

Residensi

Residensi merupakan kegiatan wajib pada minat studi Administrasi Rumah Sakit, Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan. Residensi minat studi Administrasi Rumah Sakit dan Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit sedangkan minat studi Manajemen Pelayanan Kesehatan dilaksanakan di Dinas Kesehatan da Puskesmas.

Magang

Magang di Rumah Sakit adalah salah satu persyaratan pada minat studi Administrasi Rumah Sakit. Magang dipersyaratkan wajib bagi mahasiswa yang belum memiliki pengalama kerja di Rumah Sakit di Bidang Manajemen Perumahsakitan minimal 2 (dua) tahun. Kegiatan magang ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun pada saat menempuh pendidikan di semester 1 (satu) dan 2 (dua).

Praktek kerja lapangan (PKL)

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program wajib bagi mahasiswa minat studi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan yang bentuknya bisa dipilih sesuai keinginan, antara lain: seminar, pelatihan, workshop dan sebagainya.

Kunjungan Kerja/Studi Banding

Kunjungan kerja atau studi banding merupakan kegiatan yang diagendakan pada setiap minat studi pada Program Studi AKK. Bertujuan untuk mempelajari strategi mengelola pelayanan kesehatan serta unggulan institusi yang dikunjungi dan membandingkannya sesuai teori yang diperoleh mahasiswa serta menambah wawasan mahasiswa dalam pengelolaan pelayanan kesehatan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan pada instansi di dalam negeri maupun di luar negeri.