Telp. (031) 5920948 Emailinfo@fkm.unair.ac.id

Kompetensi Lulusan

PROFIL

Lulusan Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan nantinya mempunyai profil sebagai berikut:

Leader (Pemimpin)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai berbagai macam gaya kepemimpinan serta memiliki ciri pemimpin sehingga dapat memberikan pengaruh positif dan benar bagi lingkungan (internal dan eksternal) dengan didasari nilai etika.

Manager (Manajer)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu mengambil keputusan dalam rangka menyelesaikan masalah pengelolaan pelayanan kesehatan yang dihadapi institusi pelayanan kesehatan.

Academicy (Akademisi)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai (personal mastery) bidang keilmuan terkait ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan serta mampu mengkomunikasikan ilmu yang dimiliki kepada orang lain (knowledge sharing) dengan mengedepankan nilai profesionalisme dan etika.

Researcher (Peneliti)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu menguasai (personal mastery) bidang keilmuan terkait ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, menguasai metodologi penelitian serta menyusun publikasi ilmiah dalam rangka mengembangka ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan dengan dilandasi nilai profesionalisme dan etika.

Consultant (Konsultan)

Seorang lulusan Program Studi S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan harus mampu melakukan advokasi dan negosiasi dalam rangka membantu menyelesaikan masalah pengelolaan pelayanan kesehatan yang dihadapi masyarakat serta organisasi pelayanan kesehatan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian Pembelajaran Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, sebagai berikut:

SIKAP

Profesional, ber-etika, mampu bekerja dalam tim, selalu memiliki rasa ingin tahu, berorientasi masa depan dengan tetap mengedepankan aspek keilmuan dan kemanusiaan.

PENGETAHUAN

Menguasai pengetahuan dan konsep organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan,
Menguasai pengetahuan dan konsep kebijakan kesehatan (formulasi dan analisis kebijakan),
Menguasai pengetahuan dan konsep pengelolaan dan pengembangan kualitas pelayanan kesehatan.
Menguasai konsep berpikir sistem kesehatan

KETERAMPILAN UMUM

Mampu mengembangkan organisasi kesehatan melalui pelaksanaan proses manajemen yang efektif dan efisien, dengan menggunakan prinsip, pendekatan, metode serta instrumen manajemen yang relevan.
Mampu mengambil keputusan dalam ruang lingkup kebijakan strategis, manajerial dan operasional bidang kesehatan.
Mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan pelayanan kesehatan yang dihadapi institusi pelayanan kesehatan.
Mampu mengembangkan mental model kepemimpinan, karakter yang professional, personal mastery, dan ber-etika.
Mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan dalam berkomunikasi (advokasi, negosiasi, dan persuasi) baik dalam komunikasi personal, massa maupun media untuk membangun networking dengan stakeholder dan mitra kerja.
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang administrasi dan kebijakan kesehatan berdasarkan keilmuan.

KETERAMPILAN KHUSUS

Minat Studi Manajemen Kesehatan: mampu mengkaji ilmu pengetahuan, seni dan teknologi di bidang administrasi dan kebijakan kesehatan,
Minat Studi Administrasi Rumah Sakit: mampu mengembangkan organisasi dan manajemen rumah sakit secara efektif dan efisien,
Minat Studi Manajemen Pelayanan Kesehatan: mampu mengembangkan organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan publik dan birokrasi secara efektif dan efisien,
Minat Studi Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan: mampu mengembangkan keuangan dan pemasaran pada organisasi kesehatan secara efektif dan efisien.